Ilmu Budaya Dasar

Posted on


Secara umum ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep – konsep yang digunakan untuk mengkaji masalah – masalah manusia dengan kebudayaan.

Dengan mempelajari Ilmu budaya dasar diharapkan seseorang dapat menjadi lebih manusiawi, berbudaya, dan halus sehingga secara tidak langsung akan mempertahankan kebudayaan yang perlu dilestarikan dan perlahan – lahan dapat membangun peradaban yang baik.

Untuk mengetahui bahwa Ilmu budaya dasar termasuk kepada pengetahuan budaya, terlebih dahulu perlu diketahui pengelompokkan ilmu pengetahuan itu sendiri:

  1. Ilmu – ilmu alamiah (natural science)

Ilmu alamiah bertujuan untuk mengetahui keteraturan – keteraturan yang terdapat pada alam semesta. Untuk mengetahui hal itu digunakan metode ilmiah. Caranya adalah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan – keteraturan itu, lalu dibuat suatu analisis untuk menentukan suatu kualitas.hasil analisis itu kemudian digeneralisasikan dan atas dasar tersebut kemudian dibuat prediksi. Yang termasuk ilmu alamiah adalah, ilmu astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, nekanika.

  1. Ilmu – ilmu social (social science)

Ilmu – ilmu social bertujuan untuk mengkaji keteraturan – keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengetahui hal itu digunakan metode ilmiah yang merupakan pinjaman dari ilmu alamiah. Tetapi hasil penelitiannya tidak dapat benar 100% karena keteraturan dalam hubungan antar manusia tidak dapat berubah dari saat ke saat.yang termasuk ilmu social adalah ilmu ekonomi, politik, psikologi, demografi, antropologi social, sosiologi hukum, dsb.

  1. Pengetahuan budaya

Pemgetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti dari kenyataan – kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa – peristiwa dan pernyataan – pernyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Pengetahuan budaya dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian seni dan filsafat.

Dari pengertian pengetahuan budaya diatas dapat kita lihat perbedaan pengetahuan budaya dengan Ilmu budaya dasar.pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai – nilai manusia sebagai makhluk berbudaya, sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah – masalah manusia dan budaya.

Jadi ilmu budaya dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli – ahli dalam satu bidang keahlian yang termasuk dalam pengetahuan budaya.akan tetapi ilmu budaya dasar semata – mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai – nilai budaya baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Untuk menjangkau tujuan tersebut ilmu budaya dasar diharapkan dapat :

  1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkunga buday sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
  2. Member kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangka daya kritis mereka terhadap persoalan – persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
  3. Mengusahakan agar mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing – masing tidak jatuh kedalam sifat – sifat kedaerahan dan perkotaan disiplin yang ketat.
  4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama para akadenisi diharapkan mampu lebih lancer dalam berkomunikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s