Sejarah dan Perkembangan Teknologi Java

Posted on Updated on


Sejarah Java

Sejarah Java bermula dari proyek penelitian perusahaan Sun Microsystem dengan nama sandi Green pada tahun 1991.Terdapat prediksi bahwa mikroprosesor akan digunakan luas pada perlatan – peralatan elektronik. Karena adanya bermacam – macam tipe mikroprosesor maka dibutuhkan sebuah bahasa pemrograman yang dapat berjalan disemua mikroprosesor.



Web development jakarta

Tercciptalah bahasa pemrograman baru oleh James Gosling yaitu salah satu orang yang berperan besar dalam proyek tersebut.Program ini diberi nama Oak sesuai dengan pohon Oak yang tumbuh dan bisa dilihat melallui jendela kerjanya di Sun Microsystem.

Selang beberapa waktu kemudian, ditemukan bahwa sudah ada bahasa pemrograman dengan nama Oak. Akhirnya setelah beberapa pegawai Sun mengunjungi sebuah kedai kopi, nama bahasa pemrograman ini diganti menjadi Java.Java merupakan nama salah satu jenis biji kopi yang dijual di kedai tersebut, yaitu biji kopi Jawa.

Sun Microsystem mengumumkan secara formal di tahun 1995.Bahasa ini mulai disambut hangat masyarakat luas seiring dengan meledaknya era internet.

Perkembangan Teknologi Java

Saat ini Sun Microsystem membagi java menjadi 4 edisi yaitu :

  • Java Card : program Java yang digunakan pada perlatan elektronik yang memiliki memori sangat terbatas. Misalnya Smart Card.
  • J2ME : Java 2 Platform, Micro Edition. Merupakan teknologi Java edisi mikro, digunakan untuk penerapan teknologi Java pada peralatan elektronik seperti handphone, PDA, dll.
  • J2SE : Java 2 Platform, Standard Edition.Merupakan teknologi Java edisi standar. Digunakan untuk penerapan teknologi Java pada computer desktop.
  • J2EE : Java 2 Platform, Enterprise Edition.Merupakan teknologi Java edisi enterprise, digunakan untuk penerapan teknologi Java pada computer server.

Referensi: Mastering Java, 2009, Rachmad Hakim S. & Ir. Sutarto, M.Si

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s