Manusia dan Cinta Kasih

Posted on Updated on


Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki keterikatan dan ketergantungan dengan manusia yang lainnya.Hal ini tidak bisa dihindarkan dari kehiduoan manusia dan akan menyebabkan timbulnya berbagai perasaan dan tindakan.Misalnya, seseorang yang merasa dikecewakan oleh orang lain, akan merasa kecewa dan marah kepada orang tersebut.begitu juga halnya dengan rasa cinta kasih, cinta kasih pada Tuhan, cinta kasih pada orang tua, cinta kasih pada sesamanya atau bahkan cinta kasih pada benda



Web development jakarta

Walaupun cinta kasih mengandng arti yang hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan antara keduanya.Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya.dengan kata lain, bersumber dari rasa cinta yang mendalam itulah cinta kasih. . Perasaan ini timbul karena adanya interaksi yang menimbulkan perasaan sangat suka dan sayang atau tertarik hatinya atau juga timbul karena adanya keyakinan yang sangat kuat dalam diri seseorang..misalnya, pada saat seorang ibu sedang menyusui anaknya, terjadi kontak mata antara anak dengan sang ibu, terbentuklah perasaan cinta anak kepada ibunya karena memberikan rasa nyaman dan aman saat dia disusui ibunya.

Dalam bukunya Erich Fromm menyebutkan, bahwa cinta itu mengutamakan member bukan menerima.dan member ungkapan paling tinggi dari kemampuan.Cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu, yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatian dan pengenalan.Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono, cinta memilki 3 unsur utama, yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan, sehingga akan membentuk segitiga  cinta.

  1. 1. Cinta kasih pada Tuhan

Puncak cinta kasih manusia yang paling tulus, bening, jernih, dan spiritual adalah cintanya kepada Tuhan yang diyakininya.Tidak hanya dalam puji-pujian dan doanya saja, karena cinta manusia kepada Tuhannya, akan membuat cinta itu menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkan kehidupannya, dan akan membentuk kecintaan lainnya.

  1. 2. Cinta kasih pada keluarga

Banyak orang menyatakan bahwa cinta kasih manusia yang paling besar adalah cinta seorang ibu kepada anaknya dan cinta seorang bapak kepada anaknya. Bagaimana dengan cinta seorang anak kepada orangtuanya? Terkadang, banyak orang mengukur besar atau tidaknya cinta seseorang hanya dari kemesraannya saja dan mengesampingkan factor keterikatan dan keintiman, padahal seorang anak akan sangat tersiksa dan merasa rindu yang amat sangat saat berada di tempat yang jauh dari orang tuanya, walaupun seringkali mengecewakan orang tua saat dirumah. Cinta kasih yang timbul karena ikatan darah ini menjadi sangat berarti untuk kehidupan manusia.

  1. 3. Cinta kasih pada alam

Cinta kasih buka hanya berlaku bagi manusia saja, manusia juga harus mencintai alamnya, tempat dia tinggal, sumber makanannya, sumber kebahagiannya, sehingga tercipta hubungan timbal balik yang baik antara keduanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s