Manusia dan Keindahan

Posted on Updated on


Dalam kehidupannya, manusia pasti mengalami berbagai perasaan.perasaan marah, tidak tenang, sakit dan lainnya. Untuk itulah diperlkan keindahan di kehidupan manusia, untuk memulihkan segala perasaan yang tidak baik.keindahan bersifat universal, artinya tidak terikat pada keinginan perseorangan, waktu dan tempatg, selera mode, kedaerahan atau local.



Web development jakarta

Keindahan dalam bahasa inggris diterjemahkan menjadi “beautiful”, dalam bahasa perancis “beau”, dan dalam bahasa spanyol “bello”, kata – kata itu berasal dari bahasa latin “bellu” akar kata dari “bonnum”, yang mempunyai bentuk pengecilan menjadi “bonellum”, yang kemudian menjadi “bellum” .menurut cakupannya, orang harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kualitas dengan sutu benda yang indah. Dalam hal ini bahasa inggris meggunakan istilah beauty dan beautiful.

Pengungkapan keindahan dalam karya seni pasti didasari dengan motivasi tertentu dengan tujuan yang tertentu pula.motivasi itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, atau juga karena keagungan Tuhan.

  1. 1. Keagungan Tuhan

Keindahan yang sempuran di dunia ini hanyalah keindahan yang berasal dari Tuhan yaitu alam semesta dan segala ciptaan didalamnya.hal inilah yang membuat manusia berusaha menciptakan berbagai keindahan dengan tujuan meniru keindahan Tuhan atau juga dengan tujuan mensyukuri keindahan yang telah diciptakan Tuhan.

  1. 2. Kemerosotan zaman

Kemerosotan zaman yang terjadi pada kehidupan manusia yang disebabkan karena telah pudarnya rasa cinta kasih manusia terhadap sesama dan lingkungannya.hal seperti demikian merupakan hal yang tidak indah. Untuk itulah beberapa manusia berusaha untuk menyingkirkan ketidakindahan itu dengan cara protes, yang salah satunya dengan cara menciptakan karya seni yang juga menciptakan keindahan.

  1. 3. Tata nilai yang telah usang

Tata nilai yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman sering kali menimbulkan hambatan yang merugikan nilai – nilai kehidupan laiinya seperti kawin paksa, pingitan, dan lain-lain.tat nilai yang seperti inilah yang dianggap merusak nilai moral kehidupan masyarakat.sehingga hal ini sering kali digunakan sebagai tema para seniman untuk menciptakan keindahan dengan harapan bisa menyingkirkan hal – hal yang tidak indah diatas.

  1. 4. Penderitaan manusia

Dalam menjalani kehidupannya, manusia pasti menghadapi banyak masalah. masalah – masalah inilah yang membuat manusia merasaka penderitaan.penderitaan adalah perasaan yang sangat mengganggu, rasa tidak mampu dan putus asa.sehingga manusia memerlukan keindahan untuk mengobati perasaan hatinya. Keindahan dapat menimbulkan perasaan nyaman, tenang, dan terkadang keindahan juga dapat menjadi inspirasi seseorang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s