Artistik Teknologi Seni Digital : Video Game dan Lighting Graffiti (Melukis Cahaya)

Posted on Updated on


Lingkup seni sebagai hasil aktivitas artistik yang meliputi seni suara, seni gerak dan seni rupa sesuai dengan media aktivitasnya. Media dalam hal ini mempunyai arti sarana yang menentukan batasan-batasan dari lingkup seni tersebut. Seni itu sendiri dalam bahasa sanskerta disebut cilpa yang berarti berwarna. Dan dalam bahasa inggris art memiliki akar kata yang berarti modus, jalan, atau cara.Jadi seni memiliki fungsi yang salah satunya adalah sebagai media untuk mengekspresikan diri, atau untuk memberikan apresiasi dari apa yang sedang kita rasakan.



Web development jakarta

Di lingkungan masyarakat sendiri seni lebih diartikan sebagai suatu hal yang abstrak, dan hanya mengandalkan perasaan kita saat menciptakan seni itu sendiri.namun, seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, seni juga mengalami perkembangan yang sangat pesat, sampai sekarang munculah yang disebut seni digital. Seni digital ini sendiri adalah karya seni yang diciptakan dengan cara mengkombinasikan antara teknologi digital yang ada dengan kemampuan kita dalam mengapresiasikan apa yang kita rasakan sehingga terciptalah suatu karya seni yang diminati masyarakat.dalam artikel ini penulis mengambil cntoh yaitu video game dan seni light graffiti(melukis cahaya).

1. Video Game

Video Game telah berkembang sedemikian pesatnya dalam lingkungan masyarakat saat ini. Bahkan telah dimainkan oleh semua kalangan umur dan profesi.hal ini dikarenakan kecanggihan teknologi digital pada computer yang dipadukan dengan artistic teknologi computer itu sendiri.Video Game memugkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain dalam dunia yang berbeda(dunia game), dan juga memungkinkan kita untuk menciptakan dunia yang kita inginkan.berbeda dengan film dalam televisi yang hanya memungkinkan kita untuk melihat secara satu arah. sebagai salah satu seni digital, video game tentu saja tidak dapat terlepas dari dua komponen yaitu artistic atau seni yang ada didalamnya, seperti bagaimana kita merancang jalannya game itu sendiri dan bagaimana kita membuat agar game tersebut dapat menghasilkan dampak yang positif pada si pemakai. dan juga teknologi yang digunakan untuk mengimplementasikan seni yang telah dibuat karena tanpa teknologi digital, kita tidak dapat mewujudkan hal tersebut menjadi sebuah vodeo game.dari hal inilah terlihat bahwa dalam seni digital kedua kompnen tersebut sangat terkait dan saling membutuhkan.jika salah satu dari komponen tersebut tidak ada, maka hal tersebut tidak dapat dikatakan sebagai seni digital.

2. Light Graffiti ( melukis cahaya)

Light Graffiti atau seni melukis cahaya mulai berkembang di lingkungan masyarakat saat ini. Hal ini dikarenakan proses penciptaan seni itu sendiri yang sangat menarik dan menantang dan juga hasilnya yang sangat artistic.salah satu bentuk dari seni digital ini dapat dikatakan sebagai perpaduan antara teknologi fotografi, lukis cahaya, dan graffiti.Cahaya – cahaya dihasilkan dari alat – alat bantu seperti senter, bohlam, kembang api, atau semua benda yang dapat memancarkan cahaya. Lalu cahaya – cahaya tersebut diambil dengan menggunakan kamera digital sehingga menghasilkan gambar yang sangat artistic.hal inilah yang membuat minat masyarakat pada hal ini sangat besar. Dapat dikatakan proses penciptaan seni digital ini sama dengan melukis, hanya saja kegelapan malam sebagai kanvas, dan cahaya lampu sebagai catnya. dan seperti contoh sebelumnya bahwa setiap seni digital terdiri dari dua komponen yang utama, demikian juga halnya light graffiti yang merupakan kombinasi dari kedua komponen tersebut yaitu kecanggihan dari teknologi digital kamera yang dipakai untuk mengambil gambar, dan tentu saja jiwa seni kita dalam melihat bentuk – bentuk yang artistic dari cahaya yang dihasilkan.

Di bawah ini adalah contoh – contoh dari karya seni digital light graffiti:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s