Dasar Pemrograman Ruby

Posted on Updated on


bahasa skripting yang berorientasi obyek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.Pada post kali ini, saya menjalankan program ruby melalui command line,, sehingga listing program dituliskan satu per satu.

Listing Program       :

Bangunan = Array.new

Bangunan << “kampus”

Bangunan << “sekolah”

Puts Bangunan

Bangunan = [“rumah”,”gedung”]

Bangunan.delete(“rumah”)

Puts bangunan

Bangunan.length

Kampus = {}

Kampus = {:GundarA=>”kenari”,:GundarD=>”depok”,:GundarE=>”kelapa dua”}

Puts kampus [:GundarE]

Logika program       :

  1. 1. Array

Dalam Ruby terdapat dua cara untuk mendekarasikan array yaitu:

  • Identifier = []
  • Identifier = Array.new

Kedua kode diatas berfungi untuk mendeklarasikan array yang akan dibuat.jadi kode diatas bangunan = [] atau bangunan = Array.new jadi kode diatas berfungsi untuk membuat array bernama bangunan.

Kemudian untuk menambahkan atau menyisipkan elemen array kita dapat menggunakan tanda << contoh jika kita ingin menambahkan elemen berupa string “kampus” dan “sekolah” kita dapat menuliskan kode:

Bangunan << “kampus”

Bangunan<< ”sekolah”

Setelah kode diatas dijaankan, pada array bangunan akan ditambahkan dua elemen array berupa string bernama “kampus” dan “sekolah”.kemudian untuk mengganti seluruh elemen array dengan elemen yang baru kita dapat menambahkan kode:

Bangunan = [“rumah”,”gedung”]

Setelah kode ini dijalankan, maka array bangunan yang tadinya berisi dua elemen yaitu “kampus” dan “sekolah” akan diganti menjadi “rumah” dan “gedung”.dan untuk menghapus elemen pada suatu array kita dapat menggunakan perintah delete.

Bangunan.delete(“rumah”)

Kode diatas berguna untuk menghapus elemen “rumah” pada array Bangunan.sehingga sekarang array Bangunan akan memiliki elemen “gedung” saja.dan jika kita ingin mengetahui banyaknya elemen pada suatu array kita dapat menuliskan kode:

Bangunan.length

  1. 2. Hash

Hash merupakan tipe data pada ruby yang berisi beberapa elemen yang disimpan dengan kata kunci.pendeklarasian hhash dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

  • Identifier = { }
  • Identifier = Hash.new

Misalnya kita ingin membuat hash yang berisi nama-nama lokasi kampus dengan kata kunci berupa nama kamus  itu sendiri dapat menggunakan kode :

Kampus = { }

Kampus = {:GundarA=>”kenari”, :GundarD=>”depok”, :GundarE=>”kelapa dua”}

Kode diatas merupakan pendeklarasian hash bernama kampus dengan elemen-elemen yang masing-masing memiliki kata kunci.untuk menampilkan elemen pada hash, dapat dilakukan hanya dengan memanggil kata kuncinya saja.

Puts kampus[:GundarE]

Kode diatas berguna untuk menampilkan elemen pada hash yang memiliki kakta kunci GundarE, sehingga output program akan menunjukkan elemen hash “kelapa dua” karena “kelapa dua” memiliki kata kunci gundarE yang dipanggil dalam program.



Web development jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s