My Java Project

Posted on Updated on


pada posting kali ini saya cuma mau  sharing tentang project pertama saya. project ini berupa game aplikasi desktop yang saya kerjakan saat masih belajar java..(masih rajin – rajinnya)hehe…inspirasi membuat game ini saya dapatkan waktu saya sama temen – temen sekelas sering memainkan game unik yang ga tau siapa yang mulai…nah,, mungkin buat para pengunjung yang tertarik untuk memainkan game ini bisa mencoba nantinya,, karena game ini sangat berguna untuk melatih kemampuan analisa anda semua…

kira-kira tampilan game nya seperti ini :

nah,, pasti kesan pertama sama sekali ga berkesan ya..hahahaaa,, itu wajar,, saya programmernya aja ga tertarik lihatnya.(maklum lah newbie.)hhee..di game ini ada 2 menu bar yang saya buat yaitu menu file dan menu help. menu file berisi pilihan exit untuk keluar dari program dan menu help yang berisi penjelasan dan cara permainan gamenya,, ada dua bagian yaitu peraturan dan contoh permainan,buat anda yang mau tau cara permainannya  dibawah ini adalah printscreennya,(males ngetik..)heehe..

bagaimana,, udah ngerti??jadi tujuan utama dari permainan ini adalah menebak 4 digit angka berbeda yang dipilih secara acak oleh komputer, pemain akan diberikan 10kesempatam untuk menebak 4 angka tersebut,  angka yang pemain tebak juga harus memenuhi beberapa syarat yaitu terdiri dari 4 angka yang berbeda dan angka pertama tidak boleh 0.lalu program akan memberikan informasi berupa jumlah angka yang benar dan jumlah angka yang urutannya benar yang akan anda gunakan untuk menganalisa saat menebak tebakan selanjutnya jika tebakan tersebut belum benar.

Kesan pertama kali,, mungkin anda menganggap permainan ini mudah(berdasarkan pengalaman saat memperkenalkan permaianan ini pada teman sekelas.)hehee..tapi saya menyarankan anda mencoba terlebih dahulu permainan ini dengan teman anda, karena permainan ini tidak semudah seperti kelihatannya. nah, jika masih bingung untuk membuat programnya, anda dapat memainkan permainan ini dengan teman anda dengan cara menuliskannya pada selembar kertas, masing – masing memilih 4 angka yang akan ditebak oleh lawannya.yang lebih dahulu menebak angka temannya itulah pemenangnya..masih bingung juga?? anda bisa lihat foto hasil perminan saya dengan teman sekelas saya dibawah ini:

itu dia sedikit penjelasan dari saya tentang project pertama yang sya buat dengan java, comment dan saran anda akan sangat membantu dalam perkembangan game ini..hahaaa..

oyahh satu lagi sedikit informasi, kalimat “create creativity from your incapability” yang ada dibawah tampilan program diatas saya kutip dari web yang juga menginspirasi saya dalam belajar bahasa pemrograman, yaitu http://www.exploreyourbrain.com semoga bermanfaat..^_^



Web development jakarta

4 thoughts on “My Java Project

    nothingwrongwithmylongblackhair said:
    Februari 5, 2011 pukul 4:46 am

    whuaaaa, betulan selingkuh sama Desyyyreee

    outtaste responded:
    Februari 5, 2011 pukul 2:47 pm

    wkwkwkwkwkk….
    zzzzzzzzzzzzzzzzz…
    komentar yang berbobot dikit napah,,
    komentarin projectnya kek gitu…
    wkwkwkwkkk…

    Mariana said:
    Februari 8, 2011 pukul 1:06 pm

    oh iya FYI ada juga jenis game yang hampir serupa sama tebak angka gini namanya mastermind
    http://en.wikipedia.org/wiki/Mastermind_%28board_game%29
    jadi yang kita cari bukan kombinasi angka melainkan kombinasi warna. tapi peraturan lebih lanjut gw ga ngerti, karena bahasa Inggris wkwkwkwkwk
    ======
    download linknya mana nih?

    sama kodingnya
    kemarin Soal CALAS 2011 bahasa pemrogaman java suruh bikin kalkulator soalnya.
    buttonnya ngambil dari mana?

      outtaste responded:
      Februari 8, 2011 pukul 4:14 pm

      hhmmm,,, blm w upload nih,, wkwkwkwkwkkkk….
      kalkulator yah?? harus pake button tuh??
      agak ribet kalo pake button bikin di editor biasa,, klao pake netbeans ato eclipse gampang..

      kalo manual,,
      button itu ada di package javax.swing.JButton
      jadi sebelum bikin button lo harus bikin dulu frame nya(kaya kotak dialognya dulu gt lah..)
      sintaknya,,

      JButton nama_objek = new JButton(“teks ddlm tombolnya”);

      trus ada fungsi2laen deh buat ngatur warna, panjang lebarnya, posisinya,dll, w ga apall…
      heheeee…
      cari aja di google banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s