Program bintang segitiga sama sisi dengan pascal

Posted on Updated on


Di artikel kali ini saya akan membahas bagaimana membuat program yang menampilkan bintang/asterik yang berbentuk segitiga sama sisi,,

ada dua macam output yang diharapkan:

output 1:

ouput 2:

nah,, bagusan mana yah kira – kira?? hehe..

tapi bukan bagus atau tidaknya yang akan saya bahas disini,, tetapi tingkat kesulitannya,,

kita mulai dari output yang pertama dulu,, kalau anda perhatikan,, jumlah bintang/asterik pada tiap barinya hanya bertambah 1,, baris pertama = 1 bintang, baris kedua=2 bintang, dst,, dan kalau diperhatikan dengan seksama,, cobalah hilangkan spasi yang ada diantara bintang – bintang tersebut(bukan spasi yang sebelum bintang). hasilnya akan menjadi output bintang rata kanan (klao ga tau kaya gimana liat artikel program bintang rata kanan dengan java),, betul ga??

nah,, jadi untuk membuat output yang pertama tidaklah terlalu sulit,,listingnya sama dengan jika kita membuat program bintang rata kanan, kita cuma harus menambahkan spasi setelah mencetak bintang,, seperti ini listingnya:

uses crt;

var

x,y,z : integer;

begin

clrscr;

write (‘masukan jumlah baris: ‘);

readln(x);

for y:=1 to x do

begin

for z:=1 to x-y do

begin

write(‘ ‘);

end;

for z:=1 to y do

begin

write(‘* ‘);

end;

writeln();

end;

readln();

end.

sel;anjutnya,, kita bahas output kedua,, nah,, tingkat kesulitannya pada program ini lebih rumit karena bintangnya rapet2..(apa sehh??) haha,,
intinya, output kedua ini, jumlah bintang tiap barisnya selalu ganjil, baris pertama = 1 bintang, baris kedua = 3 bintang,dst dan berbentuk segitiga sama sisi.langsung aja kita liat listingnya:
uses crt;
var
p,q,x,y,z:integer;
begin
clrscr;
write(‘masukan jumlah baris: ‘);
readln(x);
for y:=1 to x do
begin
p:=y*2;
z:=1;
for q:=1 to x-y do
begin
write(‘ ‘);
end;
while(z < p) do
begin
write(‘*’);
z:=z+1;
end;
writeln();
end;
readln();
end.
demikian bahasan programnya,, maaf klao jelasin logikanya agak ribet,, memang agak sulit kalo menjelaskan logika program, tapi akan lebih mengerti kalo mencoba sendiri..



Web development jakarta

selamat mencoba^_^

One thought on “Program bintang segitiga sama sisi dengan pascal

    Anonim said:
    April 29, 2013 pukul 1:23 pm

    bang kalo buat segitiga
    *
    **
    ***
    ****
    *****
    ****
    ***
    **
    *
    di visual basic codingannya kaya gimna? mohon di bantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s