Electronic Commerce (E-Commerce)

Posted on


Bagi masyarakat kalangan IT, istilah E-Commerce pasti sudah familiar. E-Commerce juga sudah mulai berkembang akkhir – akhir ini di kalangan masyarakat. E-Commerce singkatan dari Electronic Commerce yang berarti proses atau transaksi dagang yang dilakukan dengan perantar elektronik, lebih spesifik lagi yang akan saya bahas pada post kali ini adalah e-commerce yang dilakukan melalui media internet.

secara pribadi, saya belum pernah mencoba melakukan transaksi dalam media elektronik terutama internet. jadi, pada tulisan kali ini saya akan mencoba sharing tentang pengalaman – pengalaman yang telah saya lihat dari lingkungan sekitar tentang e-commerce ini.

E-Commerce merupakan transaksi yang memiliki berbagai kelebihan namun juga memiliki kekurangan, terutama dalam hal kepercayan. dari berbagai hal yang saya amati, kendala terbesar dalam E-commerce adalah kepercayaan hal ini dikarenakan oleh ssistem transaksi yang diterapkan oleh pihak penjual tidak sedikit yang menerapkan sistem transfer melalui rekening, kemudian barang dikirim melalui pos.ada beberapa jenis sistem transakasi dengan istilah tertentu yang sering siterapkan dalam proses transaksi E-commerce, salah satunya adalah COD (Cash on delivery), sistem ini merupakan sistem yang paling aman, karena transaksi sebenarnya dilakukan secara langsung, media internet pada sistem ini hanya digunakan untuk membuat kesepakatan antara pihak penjual dan pembeli.

masih banyak kekuranga yang harus diperbaiki dalam e-commerce, salah satu yang terpenitng adalah meminimalkan terjadinya penipuan.hal ini dapat diminimlkan dari pihak konsumen dengan cara lebih hati – hati memmilih calon penjual dan melihat terlebih dahulu testimoni – testimoni yang ada dari mantan konsumennya.kemuadian yang sering terjadi juga adalah terjadinya kerusakan barang saat pengiriman barang, hal ini dapat diantisipasi dengan memillih jasa pemilihan barang yang telah dipercaya kualitasnya.dan yang pasti E-commerce ini akan sangat bermanfaat untuk mempermudah proses jual beli di masyarakat jika kita bisa membuat sistem yang lebih baik dan aman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s