Pengaruh Game pada Anak-anak

Posted on Updated on


Permainan atau game merupakan hal yang sudah tidak bisa lagi di pisahkan dari anak anak, dalam tulisan kali ini saya akan mencoba memaparkan pendapat saya tentang pengaruh game pada anak – anak, terutama game online yang sedangpopular di kalangan anak – anak saat ini.

Web development jakarta


Berawal dari pengalamaan saya saat berkunjung ke warnet, disana saya bertemu dengan anak – anak yang sedang bermain game online seperti point blank, dota, dll. secara tidak sengaja saya pun mengamati penampilan dan perilaku anak – anak tersebut, umur mereka mungkin berkisar antara 11-15 tahunan, yang menjadi perhatian saya adalah perilaku si anak saat sedang memainkan game online tersebut, mereka bermain dengan sangat serius, bahkan tidak jarang saling mengeluarkan kata – kata kasar dan saling menyalahkan.

dari pengalaman diatas, timbul isu yang menarik di pikiran saya, mengapa game yang seharusnya memeberikan perasaan senang, rileks pada anak, justru terlihat memberikan tekanan dan beban untuk anak tersebut. hal ini membawa pertanyaan bagian mana yang salah dari sistem game seperti ini sehingga justru memeberikan pengaruh yang negatif pada si anak.

pertama, saya berpandangan bahwa terdapat perbedan antara game / permainan – perminan yang dulu sering kita mainkan, dengan game online yang dimainkan anak – anak saat ini, perbedaan paling mendasar adalah pada konsep dan tujuan akhir game / permainan itu sendiri. game yang sering dimainkan dulu cenderung akan melatih kemampuan kita untuk bekerja sama dengan teman – teman, dan akan mempererat tali pertemanan anak, berbeda dengan konsep game online dimana anak secara individual dituntut untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam game tersebut untuk meraih kemenangan dengan cara mengalahkan anak2 yang lain, hal ini tentu saja akan membuat anak mulai memainkan game – game inid engan berorientasi pada individu mereka sendiri, bukan pada tim, yang pada akhirnya tentu saja akan membuat si anakcenderung bersikap individual.

sehingga dari hasil pengamatan saya, banyak anak – anak saat ini memiliki sikap yang kurang baik baik secara individual maupun melalui cara mereka bersosialisasi, hal ini dapat dilihat dari perilaku, cara berbicara, dll. jadi untuk menanggulangi hal ini diperlukan pengawasan orang tua dalam mengawasi perkembangan anaknya, karena game online seperti ini akan sangat membuat si anak kecanduan untuk bermain yterus menerus jika tidak dicegah karena kekadaanpsikologis anak pada umur tersebut sangatlah labil.

regards,

web development jakarta

3 thoughts on “Pengaruh Game pada Anak-anak

    Yudha said:
    Maret 22, 2012 pukul 2:35 pm

    maaf ya teman, mau kasih masukan nih sekarang kita udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill sebaiknya blog anda disisipkan link Universitas Gunadrma yaitu gunadarma.ac.id guna sebagai identitas kita sebagai mahasiswa gunadarma dan juga salah satu kriteria penilaian mata kuliah softskill..terima kasih

    Yudha said:
    Maret 22, 2012 pukul 2:56 pm

    wah maaf mas ternyata udah adah ada haha jd malu, saya ada kerja partime dri bapsi bwt ngomenin blog yg blm ada link ug nya, maaf yak mas,,oh iya itu website nya keren bgt, saya jg anak TI gundar mas lg nyoba bljr web programming, boleh saya minta bimbingan nya mas ?

    codycoding responded:
    April 3, 2012 pukul 9:10 am

    hahhaa,, oh anak bapsi yaa,, tetanggaan ternyata,, saya GUCC bagian development..
    monggo kalo ada yg mau ditanyain kalo saya bisa pasti saya bantu..
    untuk web saya juga masih sambil belajar2 kok..🙂

Tinggalkan Balasan

