Bedah Website Pemerintah Kota Depok depok.go.id

Posted on


Point yg akan direview:

A. Tampilan

Tampilan di situs http://www.depok.go.id cukup baik. Dilihat dari adanya:

1. Peta Site (site map).

Susunan halaman di Web pemkab tersebut yang cukup teratur dan disertai link-link yang jelas akan menjadi daya tarik kepada pengunjung situs tersebut.Terutama untuk masyarakat kabupaten Depok pada khususnya yg ingin mengetahui baik perkembangan berita di wilayahnya maupun tentang acara yg akan berlangsung, dan lain sebagainya & masyarakat di luar wilayah Kabupaten Depok pada umumnya. Peta Site (site map) ini juga memaparkan struktur hierarki untuk Website. Semua data dan informasi disusun agar terkemas dengan baik. Ini akan memudahkan pembaca untuk mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan mereka. Para pengunjung pasti akan kembali ke halaman Web jika web tersebut dapat memenuhi apa yang diinginkannya.
2. Navigation Bar.

Navigasi yang konsisten sangat perlu untuk setiap halaman Web. Biasanya Navigation bar diletakkan di atas setiap halaman Website dan hendaklah konsisten antara satu muka dengan muka yang lain. Tidak kurang juga Navigation berada di sebelah tepi suatu halaman Web. Di Web Kabupaten Depok menggunakan dua navigation bar, yakni di atas dan di sebelah kiri halaman utama. Saya telah mencoba secara acak dari navigasi tersebut, dan setiap halaman yang saya kunjungi memang berjalan sesuai fungsinya, dan konten yg disajikan pun sesuai dengan apa yang di kehendaki.

 

3. Link yang relevan.

Salah satu komponen utama Website ialah koleksi link dengan Web-site lain yang berhubungan. Suatu halaman Web yang bagus ialah halaman Web yang menawarkan link ke halaman Web lain yang merujuk kepada topik yang sama. Dapat dilihat di halaman utama, terletak di tengah sebelah kanan ada link tentang hal yang berkaitan langsung dengan kabupaten depok.

 

B. Fitur

Fitur di situs Pemerintah Kabupaten Depok sudah cukup memadai. Diantaranya:

1. Adanya tampilan berita seputar Kabupaten Depok

Halaman Web yang baik senantiasa memberikan berita terkini kepada pengunjung web. Dalam hal ini pun, Pemerintah Kabupaten Depok pun dalam halaman utamanya menyajikan berita terbaru tentang hal-hal yang terjadi di wilayahnya, terutama event-event penting.

 

2. Mekanisme Pencarian

Memasukkan mekanisme pencari di dalam halaman Web dapat membantu pengunjung. Pengunjung hanya perlu memasukkan perkataan yang dicari untuk mendapatkan tampilan di dalam halaman Web yang mengandung perkataan tersebut. Di web Pemerintah Kabupaten Depok sudah mengintegrasikan fitur ini di dalam situsnya. Sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencari sesuatu yg diinginkan dari web ini, yang di dalam database nantinya akan dimunculkan ke pengunjung untuk informasi yang sudah dicarinya.

 

3. Ruang interaktif

Di dalam web ini, telah bermacam hal yang untuk berkomentar apa saja, baik pemerintahan secara keseluruhan, pendidikan, kesejahteraan, dan lain-lain. Letaknya di sebelah kanan setelah link yg sudah dijelaskan di atas tadi yang bernama ruang Ndopok warga. Selain itu, ada cara lain untuk menyuarakan pendapat, yakni d dalam Forum Depok.

4. Tata wilayah

di web ini, sudah di integrasikan semacam tata wilayah yang isinya secara rinci menjelaskan pemerintahan, peta wilayah, jarak antar kecamatan, dan peta rawan bencana di Kabupaten Depok.

 

C. Kelebihan

1. Adanya ruang interaktif, sehingga dapat menceritakan apa yang sebenarnya terjadi di masyarakat.

2. Adanya forum yang aktif, yang di dalamnya dapat membahas berbagai macam persoalan-persoalan umum.

3. Navigation bar yang konsisten dan tidak menyesatkan pengunjung.

4. Peta Site (Site Map) yang jelas.

5. Berita yang disajikan tidak hanya berita yang baik mengenai pemerintahan, namun berita buruk misalnya dalam screenshoot tersebut ada berita tentang gedung perpustakaan SD ambtuk juga diterbitkan di dalam situs.

6. Setiap harinya, berita selalu di update.

 

D. Kekurangan

1. Menurut persepsi saya, web ini baru hanya bersifat publish, belum ke arah selanjutnya yaitu interact, dan transact.

2. Tanggapan atau forum yang disediakan jarang di jawab langsung oleh yang berwenang, baik pemerintah daerah maupun Bupati yang bersangkutan. Sehingga tanggapan tersebut yang merupakan pujian bahkan keluhan yang mungkin butuh untuk ditindaklanjuti sesuai yang ditujukan kepada dinas terkait. Jadi tidak memiliki feedback (umpan balik) yang informatif.

 

E. Kesimpulan dan Saran

Secara keseluruhan, web http://www.depok.go.id sudah cukum baik untuk dalam tahapan awal dalam e-gov versi worldbank. Sebelum itu, kita lihat dulu bagaimana definisi e-gov menurut Sisfonas (2002);

E-Gov adalah penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik (teknologi informasi) untuk meningkatkan kinerja pemerintah dalam hubungannya dengan masyarakat, komunitas bisnis, dan kelompok terkait lainnya menuju good governance.

Sedangkan tahapan e-gov menurut worlbank terbagi atas 3, yaitu publish, interact, & transact. Sedangkan web http://www.depok.go.id sudah melewati tahap publish yang karakteristiknya yakni:
1. Komunikasi satu arah.

2. Pemerintah mempublikasikan berbagai data dan informasi untuk diakses oleh masyarakat secara online.

3. Pemberdayaan masyarakat dan dunia usaha dengan memberikan akses terhadap informasi tanpa harus berkunjung secara fisik ke kantor pemerintah.

4. Tahap ini merupakan perintis menuju e-Gov.

Kriteria penilaian bagus tidaknya website yang paling utama adalah ada tidaknya kenyamanan yang dirasakan oleh pengunjung. Semua yang saya ungkapkan di atas adalah analisis berdasarkan persepsi dan ilmu yang telah saya pelajari. Saya berusaha seobyektif mungkin dalam menganalisisnya.

 

2 thoughts on “Bedah Website Pemerintah Kota Depok depok.go.id

    Joy said:
    Mei 14, 2013 pukul 5:28 am

    Selamat siang,

    saya sedang meneliti kepuasan dan penerimaan masyarakat terhadap situs pemerintahan Depok. Kalau boleh, tolong isi kuesioner saya di bit.ly/egovdepok untuk menjadi responden saya.

    Regards,
    Joy

    Anonim said:
    Juni 19, 2013 pukul 4:53 pm

    Sy sngt brsyukur dngn adanya program2 dri pa nur. Bpk walikota dpok.Hanya yg sangt di syangkan cara2 yg di smpikan dri rt o5/01 kmp poncol tnh baru beji sngt tidk akurat.Apapun bntuan dr pemkot rt ini memilih sodara2nya dulu walau mreka mampu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s